Rumah Pohon Urongo

 

wp-1487297224049.jpg

View of Tondano Lake from Urongo treehouse

Yogya punya Kalibiru, Sulawesi Utara punya Urongo. View berlatar Danau Tondano ini tidak kalah spektakuler. Emang sih, belum apple to apple. Kalibiru sudah well organized, Rumah Pohon Urongo masih self organized sama penduduk sana. Belum ada tiket masuk, hanya donasi seikhlasnya kecuali titian flying fox 20ribu perorang. Material rumah pohon/view pointnya juga seadanya, dari kayu yang berasal dari pohon sekitar. Meski begitu, tetap cakep dan bolehlah jadi wisata kekinian yang ada di Manado dan sekitarnya.

wp-image-1552142988jpg.jpg

Sewaktu tinggal di Manado, rumah pohon ini belum ada. Begitu selesai rapat kerja awal bulan ini, untuk memanfaatkan waktu sebelum ke bandara pulang ke Makassar, saya dan beberapa teman jalan ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Saat kita datang ke rumah pohon ini, tidak terlalu ramai orang yang berkunjung. Mungkin karena hari itu hari kerja. Hanya saya yang mencoba naik di rumah pohon, yang lain memilih berfoto di view point bentuk hati yang gak terlalu tinggi.

wp-image-811029035jpg.jpg

Menuju ke rumah pohon ini, kita akan melewati Benteng Moraya, yang dibangun sebagai saksi kegigihan masyarakat Tondano melawan Belanda sejak tahun 1801.

Saya juga ke Puncak Rurukan, tempat wisata baru di Tomohon dimana kita dapat menikmati pemandangan Danau Tondano dan wilayah Minahasa. Tempat ini masih dalam proses penyelesaian. Rencananya akan ada kolam air panas dan penginapan selain warung dan resto yang sudah ada di tempat ini.

Ayuk ke Manado. Destinasi wisata Manado bukan hanya Bunaken loh. Melipir ke Bitung bisa liat wisata tarsius, sejenis monyet kecil yang setia, ke Pulau Lembeh wisata pantai dan diving. Melipir ke Tomohon dan Tondano, selain yang diatas bisa mampir di pasar extreme Tomohon, Vihara Buddhayana Tomohon, Danau Linow, Bukit Doa dan masih banyak lagi.

Baca:

Looking For Fresh Air Talawaan Waterfall

Back to Nature: Air Terjun Kiawa

Jelajah 3 Pulau

Imam Bonjol dan Duit 5 ribu

Ke Pulau Pasir Putih Lihaga

Gunung Mahawu Tomohon

Snorkling at Bunaken

 

Advertisements

6 thoughts on “Rumah Pohon Urongo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s